format

Minggu, 27 Januari 2013

Geografi


Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang memiliki suatu program unggulan sebagai salah satu alternatif untuk mewadai dan mendukung kegiatan-kegiatan Tri Dharma, yakni diberi nama Pusat Kajian Sain Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh. Selanjutnya Pusat Kajian ini diberi nama Sentra SIG.
Sentra SIG sebagai Pusat Kajian Sain Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh,  pada awal berdirinya adalah sebuah badan pengkajian dan pelayanan sistem informasi geografis atau dikenal dengan singkatan BP2SIG. yang didirikan oleh Universitas Negeri Semarang melalui Surat Keputusan Rektor Nomor: 84/P/2000 tertanggal 29 September 2000.  Pada saat itu secara struktural lembaga ini berada langsung di bawah koordinasi Rektor. Selanjutnya dalam rangka merespon adanya tuntutan perkembangan era teknologi sistem informasi, dan semakin meningkatnya pengguna jasa sistem informasi geografis untuk berbagai bidang kepentingan, serta tuntutan profesionalisme agar dapat berkembang dan berfungsi secara optimal maka badan tersebut kemudian di restrukturisasi dan diintegrasikan pada jurusan/program studi yang relevan yakni Jurusan Geografi, melalui Surat Keputusan Rektor UNNES Nomor: 36/0/2003. Mulai saat itulah nama BP2SIG UNNES  berubah status dan pengelolaannya, yakni dikelola oleh Laboratorium Geografi Universitas Negeri Semarang.
Untuk memacu perkembangan dan memudahkan birokrasi dan komunikasi dengan mitra-mitra kerja, serta agar potensi-potensi yang dimiliki oleh Jurusan Geografi  UNNES lebih berdaya guna dan berhasil guna, maka dibentuk suatu lembaga independent, yang diberi nama  Sentra SIG.
Sentra SIG mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait dengan sistem informasi geografis, memiliki kemampuan akademik dan teknis sehingga mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan bagi pembangunan daerah, regional dan nasional. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa jenis layanan Sentra SIG yakni
1. Penelitian dan pengembangan Sain Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh
2. Pelatihan Ketrampilan Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh
3. Penyedia jasa pembuatan Peta berbasis Penginderaan Jauh dan SIG
4. Penyedia Layanan Konsultasi Survei dan pemetaan
5. Pelayanan Penjualan Peta Rupa Bumi dan Atlas Produk BAKOSURTANAL
6.  Pelayanan dan Pengadaan Citra Satelit berbagai tingkat Resolusi.
7.  Penyedia media pembelajaran
Pemanfaatan SIG dan Penginderaan Jauh dalam setiap kegiatan perencanaan wilayah sudah menjadi keharusan. Untuk itu perlu diantisipasi dengan memperbaharui sarana dan prasarana Laboratorium SIG, Laboratorium Penginderaan Jauh, Laboratorium Kartografi, Laboratroium Pengembangan Wilayah, serta Laboratorium Pengembangan Media Pembelajaran Geografi. Ke depan, dengan semakin lengkapnya sarana dan prasarana tersebut, akan dikembangkan Aplikasi Geo Scanning untuk mengetahui berbagai informasi yang ada di dalam bumi secara cepat dan akurat untuk berbagai kegunaan.

INFO LEBIH LANJUT KLIK disini.

0 komentar:

Posting Komentar