format

Senin, 07 Januari 2013

Sutradara Film "Habibie & Ainun"

Faozan Rizal adalah salah satu dari sedikit pembuat film Indonesia yang begitu mencintai media film. Ia lahir pada tahun 1973 di Tegal, Jawa Tengah.

Faozan Rizal belajar sinematografi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Ia telah membuat banyak film pendek dan panjang, baik film cerita maupun dokumenter, untuk menggali kekayaan tekstur film serta bermain-main dengan ketegangan antara film dan fotografi. Ia juga membuat film-film tari bersama Katia Engel dan bekerjasama dengan seniman alam (nature artist) Andy Goldsworthy. Karya Faozan Rizal menunjukkan manusia dan alam dalam kesunyian yang meditatif.

Ia sendiri telah mempelajari tari Jawa klasik dan Bali, menekuni pendidikan seni lukis dan kemudian masuk sekolah film di La Femis, Paris. Karya-karya Faozan Rizal telah ditampilkan dalam berbagai festival internasional seperti Singapore International Film Festival, eKsperim[E]nto Film & Video Festival 2004 Filipina, Cinemanila International Film Festival dan Emirates Film Competition.

Faozan Rizal bekerja sebagai aktor, penata sinematografi, sutradara film dan mengajar di Fakultas Fotografi, Televisi dan Film Institut Kesenian Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar