format

Selasa, 08 Januari 2013

Kerupuk Antor

Ingin mencoba sensasi Kerupuk yang dibuat menggunaan pasir dalam pengolahannya? Coba saja Kerupuk Antor.
Rasa kerupuk antor itu kebanyakn adalah rasa bawang. Menurut penduduk sekitar, kerupuk antor yang nikmat itu kerupuk antor “badeg”. Maksudnya adalah kerupuk antor yang warnanya pekat karena bumbunya.
Kerupuk ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Banjaran, Pasar Trayeman, dan lain-lain.
Kerupuk antor, bisa disebut juga kerupuk pasir atau kerupuk badeg. Biasanya berbentuk seperti kerupuk kecil lainnya, namun dilumuri bumbu yang berwarna coklat agak kehitaman. Rasa dari kerupuk antor adalah rasa bawang. Ada 2 jenis kerupuk antor dari warnanya, yaitu kerupuk antor warna-warni dan yang biasa. Untuk kerupuk antor yang biasa, bumbunya akan terihat sangat pekat dan banyak.
Teknik memasak kerupuk antor memang tergolong unik, yaitu menggunakan pasir sebagai medianya. Namun tentu saja pasirnya sudah benar-benar bersih. Sehingga apabila ketika kita memakannya akan berasa seperti pasir.
Industri kerupuk antor ini banyak ditemukan di daearh Ujungrusi, Harjosari Lor, Harjosari Kidul, Penarukan, dan Pagedangan. Semuanya berada di daerah Kabupaten Tegal.
Kerupuk ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Banjaran, Pasar Trayeman, dan lain-lain. Dan banyak dicari untuk oleh-oleh.

0 komentar:

Posting Komentar